Braces Journey: Pencabutan 2 Gigi P1 – Part 3

Share Post:

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on pinterest
Share on email

Rabu, 31 Agustus 2016

Tibalah hari dimana 2 gigi P1 saya akan dicabut. Sebenarnya saya seharusnya cabut 2 gigi yaitu 1 gigi P1 dan 1 gigi geraham, tetapi dikarenakan dokter yang mengharuskan mencabut gigi geraham sedang sibuk-sibuknya, oleh karena itu diganti mencabut 2 gigi P1 saja.

Jujur saja, perasaan saya sedikit nervous(baca: takut), karena sudah lama sekali saya tidak pernah cabut gigi. Terakhir saya cabut gigi adalah saat SD. Itu pun gigi susu bukan gigi permanen.

Proses

Pertama, saya diberikan seperti permen karet yang rasanya asam dan sedikit pahit tetapi tidak terlalu pahit yang membuat gusi dan sekitarnya menjadi agak mati rasa. Ini gunanya sebelum masuk ke tahap penyuntikan obat bius ke dalam gusi.

Kedua, barulah suntik dikeluarkan. Cess… akhirnya masuk juga jarumnya ke gusi saya. Bagi kamu yang belum atau jarang sekali disuntik, rasanya tidak ada bedanya seperti disuntik di tangan. Jadi, jangan bayangkan sesuatu yang begitu menakutkan. Jadi, rasanya sama saja seperti disuntik ditangan. Total suntik yang saya dapatkan adalah 4 suntikan. Dua di luar dan dua di dalam.

Ketiga, mulai alat cabutnya dikeluarkan. Ada 2 alat yang saya ketahui, pertama untuk melubangi gigi anda. Gunanya supaya ada tempat untuk menaruh tang yang akan menarik gigi keluar. Lalu, dikeluarkan tang kecil. Sambil suster atau asisten dokternya memegang kepala saya supaya tidak goyang. Dipasanglah tang tadi kegigi P1 saya. Dengan gerakan kekiri dan kekanan terus menerus hingga gigi saya lepas.

Saat itu terdengar suara sedikit mengerikan yaitu krek…. krek… krek… yang ada dalam pikiranku hanyalah “Ini pasti akarnya sudah mau keluar dari tempat.”

Done, gigi pertama sukses dicabut.

Semua proses diatas diulangi untuk gigi P1 kedua. Sama persis.

Dalam proses pencabutan gigi P1 tidak ada rasa sakit yang berarti. Semua berjalan dengan baik-baik saja. Jadi jangan terlalu membayangkan hal-hal yang menakutkan, karena jujur tidak seperti yang ada dipikiran saya.

Proses pencabutannya sekitar 3 menit. Berikut kurang lebih rincian waktu dari awal hingga selesai dicabut:

  1. Pemberian seperti “permen karet” yang rasanya asam dan pahit: 2 menit
  2. Penyuntikan: 3 menit
  3. Menunggu bius bereaksi: 5 menit
  4. Pencabutan gigi: 3 menit

Jadi, total sekitar 13 menit. Ya, bisa dikatakan 10-15 menit per gigi.

Gigi P1 Atas
Gigi P1 Atas

Setelah Pencabutan

Akan terjadi pendarahan sementara setelah terjadi pencabutan gigi. Oleh karena itu dokter akan memberikan kapas untuk menahannya. Ada rasa agak nyeri-nyeri sedikit, tetapi tidak sakit kok.

Pantangan yang diberikan oleh dokternya supaya tidak terlalu sering meludah dan berkumur. Justru menelan ludah malah diperbolehkan daripada diludahkan.

Akan diberikan obat anti biotik dan anti nyeri yang diminum 3x sehari.

Hari Pertama

Tidak ada perbedaan yang berarti di hari pertama ini. Hanya saja kalau sikat gigi harus berhati-hati. Jangan sampai merusak blood flood nya.

Hari Kedua

Kamu akan merasakan ada sariawan yang muncul digusi kamu. Dugaan saya(karena saya bukan dokter) adalah karena luka suntikkan tadi. Jadi saya punya total 8 sariawan yang ada digusi, empat kiri dan empat kanan. Sariawan ini yang menyiksa ditiap harinya.

Seminggu

Tepat seminggu, sariawan sudah membaik tidak terlalu sakit. Behel pun juga tidak terlalu nyeri seperti dihari pertama. Oh ya, akan dipasang power chain pada gigi taring dan gigi yang dipasang ring. Ini gunanya untuk menarik gigi ke belakang. Hal inilah yang membuat sedikit nyeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

CAPTCHA Image

*